..::: Selamat Datang :::..

Di Blog Eki yang Sederhana

Kamis, 28 Mei 2009

Sholat adalah Penghargaan dari Langit

Bila kita memperhatikan ibadah-ibadah selain sholat: utamanya dari segi waktu dan tempat diwajibkan, maka kita akan mengetahui bahwa ibadah-ibadah lain selain sholat diwajibkan di atas bumi dan melalui perantaraan malaikat Jibril. Tetapi sholat telah diwajibkan pada malam yang diberkati, dalam perjalanan Rasulullah menuju langit yang tinggi pada malam Isra'-Mi'raj.

Sholat diwajibkan di langit bukan di bumi. Perintah sholat diperoleh Nabi dari Allah secara langsung tidak melalui perantaraan malaikat Jibril sebagaimana ibadah-ibadah lain. Oleh karena itu, kita bisa merasakan bagaimana tinggi ibadah sholat ini.

Sudah sepantasnya apabila sholat memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Bila sholat baik, maka baik pula urusan agamanya. Agama tidak akan baik bila berasal dari jiwa yang sesat. Tapi agama akan lebih baik bila berasal dari jiwa yang baik, jiwa yang terbebas dari pembudakan dunia, dan jiwa yang mendapatkan ketenangan dari sholat.

Sholat adalah dokter jiwa yang cerdas dan pandai. Ia ringan tangan dan memiliki kemampuan yang berkualitas dalam menyembuhkan kedukaan dan penyakit jiwa. Terdapat hal lain yang berkenaan dengan pendahuluan sholat yaitu bersuci dan berwudhu' yang bukan sekedar bertujuan membersihkan anggota tubuh saja. Tetapi bertujuan membersihkan lahiriah dari hadats-hadats. Sholat dapat membersihkan dari akhlaq-akhlaq tercela.

Atau dengan kata lain, sholat membersihkan anggota tubuh dari dosa-dosa dan membersihkan hati dari selain Allah. Sholat memperkuat amalan-amalan lahir dan menyempurnakan amalan batin yang terdapat dalam kekhusyu'-an, kemantapan hati menjauhkan banyak pikiran dari hati pada waktu sholat. Oleh karena itu, sholat merupakan faktor ibadah yang melenggangkan hubungan antara hati manusia dengan Allah. Ibadah tersebut tidaklah sah kecuali bila bukan dalam keadaan bersih lahir dan batin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa ngomen yaa.. trim's :)